Powered by Blogger.

Tips Google Translate Indonesia

Friday, December 12, 2008

Sejak diluncurkannya google translate Indonesia Inggris banyak para blogger yang mendadak jago bikin postingan bahasa Inggris, demikian juga dengan saya yang inggrisnya payah. Google translate memang belum sempurna dalam menterjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia demikian juga sebaliknya, banyak yang komplain dan kecolongan dalam membuat artikel berbahasa inggris dengan tools ini. Sebagian menyiasati dengan menterjemahkan per paragraf ada juga yang sekaligus satu halaman dan dipastikan bahasanya aneh bin ajaib. Hasil terjemahannya kalau bahasa Inggris ke bahasa Indonesia lebih mirip ke tata bahasa Malaysia. Bagi anda yang ingin menggunakan tools Google translate versi beta dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, sebaiknya bahasa Indonesia kita yang perlu diperbaiki sebab sistemnya belum mengadopsi bahasa Indonesia umum yang bukan formal apalagi bahasa gaul kita sehari-hari, dipastikan google translate akan pusing 7 putaran menterjemahkannya. Yang perlu diperhatikan adalah :

Pertama : Pergunakan bahasa Indonesia yang formal, gunakanlah bahasa-Indonesia yang baik dan benar dan bila terjemahannya aneh berarti kita harus mencari bahasa Indonesia yang sesuai.

Kedua : Perhatikan penggalan pada bahasa terutama dengan awalan "di" tools ini lebih mengenal "di" yang dipenggal bukan disambung.

Ketiga : Penggunaan kata akhiran yang tidak terpenggal kata-kata ini juga sering tidak dapat diterjemahkan dengan baik.

Keempat : Belajar Bahasa Indonesia dan Inggris yang benar.

Bila bahasa Indonesia yang kita gunakan benar maka terjemahan ke bahasa Inggrisnya juga akan benar, ini sudah saya coba dengan menggunakan artikel jurnalistik bahasa Indonesia yang benar dan hasilnya cukup baik.

1 comments:

Ivana December 15, 2008 at 8:44 AM  

thx yah untuk tipsnya...warmest regards from my
funny humor
blog

Post a Comment

About This Blog

Cetak 4/4 : 4 warna bolak balik Ac : Art Carton, Ap : Art Papper

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP